#SIP Proposal Perancangan Aplikasi Psikologi

Kepuasan Kerja

Latar Belakang

Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor yang penting dalam setiap pekerjaan. Kepuasan kerja adalah keadaan emosionalpegawai yang terjadi maupun tidak terjadi titik temu antara nilai balas jasa kerja pegawai dan organisasi dengan tingkat nilai balas jasa yang memang diinginkan oleh pegawai (Martoyo, 2000). Wibowo(2013) juga menyatakan bahwa seseorang pasti ingin mendapatkan pekerjaan karena dengan bekerja ia mengharapkan mendapat imbalan untuk menghidupi dirinya dan keluarganya. Tetapi seiring juga dengan mendapatkan imbalan saja mereka merasa belim cukup. Mereka ingin mendapatkan kepuasan dari pekerjaannya.  
Dalam suatu organisasi terciptanya suatu nilai kepuasan yang tinggi pada organisasi merupakan harapan bagi organisasi tersebut. Salah satu aspek yang sering digunakan untuk melihat kondisi suatu organisasi adalah melihat tingkat kepuasan kerja para anggotanya.
Dalam hal ini untuk mengukur kepuasan kerja seseorang dapat dilihat melalui indikator kepuasan kerja yang dikemukakan oleh Celluci, Anthony J dan David L De Vries (dalam Mas’ud, 2004). Indikator-indikator tersebut adalah:
  1. Kepuasan terhadap gaji, yaitu senang atau tidak senang karyawan akan gaji yang diterima.
  2. Kepuasan dengan promosi, yaitu sikap senang atau tidak senang karyawan akan promosi yang dilakukan perusahaan.
  3. Kepuasan terhadap rekan kerja, yaitu sikap senang atau tidak senang karyawan akan dukungan dari rekan kerjanya.
  4. Kepuasan terhadap supervisor, yaitu sikap senang atau tidak senang karyawan akan perlakuan dari pimpinan.


Dari indikator-indikator tersebut dapat dikembangkan menjadi aitem-aitem yang dapat menjadi alat ukur untuk mendapatkan hasil bagaimana tingkat kepuasan seseorang dalam pekerjaannya tersebut. Aitem-aitem yang sudah dikembangkan tersebut adalah:
  1. Perusahaan memberikan gaji sesuai dengan kinerja saya
  2. Gaji saya cukup mengingat tanggung jawab yang saya pikul
  3. Tunjangan yang saya terima dari perusahaan sesuai
  4. Perusahaan memberikan gaji tepat waktu
  5. Perusahaan dalam memberikan gaji tidak membedabedakan karyawan satu dengan karyawan lain
  6. Promosi sering terjadi di perusahaan saya
  7. Jika saya melaksanakan pekerjaan dengan baik maka saya akan dipromosikan di perusahaan
  8. Karyawan yang dipromosikan harus sesuai dengan syaratsyarat yang layak untuk dipromosikan
  9. Karyawan yang dipromosikan bisa dipertanggung jawabkan pada perusahaan
  10. Promosi diberikan pada karyawan yang berprestasi.
  11. Rekan kerja saya memberikan dukungan
  12. Rekan kerja bisa diajak bekerja sama dengan baik
  13. Rekan kerja terkadang mau mendengarkan keluh kesah saya dalam masalah pekerjaan
  14. Saya menikmati bekerja dengan teman teman kerja
  15. Rekan kerja saya dapat dipercaya dan memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan
  16. Supervisor/atasan mempunyai motivasi yang tinggi terhadap karyawan
  17. Supervisor/atasan tidak mengekang dalam pekerjaan
  18. Keadilan pimpinan terhadap karyawan
  19. Hubungan atasan dengan karyawan sangat baik
  20. Pimpinan perhatian terhadap karyawan 


       Agar lebih mudah dalam mengetahui kepuasan kerja para pegawainya maka akan dibuat sebuah aplikasi berbasis web yang berisi aitem-aitem diatas. Jadi saat suatu organisasi ingin mengetahui bagaimana kepuasan kerja para pegawainya mereka cukup meminta para pegawainya tersebut untuk mengisi data dan jawaban yang sudah disediakan oleh aplikasi tersebut.

Flowchart


Design Interface






References
  1. Mas’ud, Fuad. (2004). Survai Diagnosis Organisasional, Konsep & Aplikasi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  2. Martoyo dan Wibowo: http://eprints.ums.ac.id/37602/2/04.%20BAB%20I.pdf


0 komentar: